Senin, 30 Januari 2012

Pengenalan Mekanika Rekayasa

Mekanika rekayasa merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang gaya-gaya yang bekerja pada konstruksi dengan prinsip keseimbangan gaya. Gaya merupakan kekuatan yang dapat membuat benda diam menjadi bergerak. Resultan gaya merupakan penggabungan dua gaya atau lebih yang bekerja pada sebuah benda. Momen adalah besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda dengan jarak tertentu.
Suatu konstruksi dikatakan kokoh apabila konstruksi tersebut dalam keadaan stabil. Stabil jika gaya-gaya yang bekerja pada konstruksi tersebut dalam arah vertikal dan horizontal saling menghilangkan, begitu pula dengan momen yang bekerja pada setiap titik buhul saling menghilangkan ( ∑RV = 0 ; ∑RH = 0 ; ∑M = 0 ).
Tumpuan merupakan tempat perletakan konstruksi atau dukungan bagi konstruksi dalam meneruskan gaya-gaya ke pondasi.
3 jenis tumpuan :
  1. Tumpuan Sendi : Tumpuan sendi mampu memberikan reaksi arah vertikal & horizontal (dapat menahan gaya vertikal dan gaya horizontal) tetapi tidak dapat menahan momen. Cara kerja tumpuan sendi seperti engsel.
  2. Tumpuan Rol : Tumpuan rol merupakan tumpuan yang dapat bergeser ke arah horizontal sehingga tidak dapat memberikan reaksi terhadap gaya horizontal, akan tetapi dapat memberikan reaksi terhadap gaya vertikal. Tumpuan rol juga tidak dapat memberikan reaksi terhadap momen yang bekerja.
  3. Tumpuan Jepit : Tumpuan jepit merupakan suatu tumpuan yang dapat memberikan reaksi terhadap gaya vertikal, gaya horizontal dan momen (RV, RH, M).
*sumber : materi kuliah Mekanika Rekayasa*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar